Friday, October 5, 2018

Cara Pembuatan Kolam Terpal dengan Kerangka Bambu

Jangan khawatir apabila Anda bercita-cita memiliki sebuah usaha pembudidayaan ikan, tetapi hanya memiliki dana yang super minim. Dengan bekal pengetahuan yang luas, hal tersebut tentunya bukan merupakan suatu kemustahilan. Tetapi yang harus selalu Anda ingat, jangan sampai Anda menggadaikan kualitas dan kuantitas ikan hanya untuk meminimalisir proses produksi dan merugikan pihak lain.

Metode yang dapat Anda gunakan tanpa mencurangi pihak lain dan memperburuk kualitas ikan hasil budidaya adalah memakai kolam terpal dengan kerangka bambu. Anda dapat membeli kolam terpal dengan mudah di took-toko terpal yang dapat dijumpai dengan mudah, di kota maupun di daerah pedesaan.

Adapun cara pembuatan kolam terpal dengan kerangka bambu adalah sebagai berikut :

1. Tidak perlu melakukan penggalian tanah;

Membuat kolam terpal dengan kerangka bambu tidak membutuhkan tenaga dan biaya untuk melakukan penggalian tanah. Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah, melakukan pengukuran, kemudian mulai mencari bambu sebagai kerangka kolam terpal yang ukurannya disesuaikan dengan lahan kosong Anda.

2. Mempersiapkan drainase atau pipa pembuangan;

Jangan lupa untuk membuat pipa pembuangan atau biasa disebut dengan drainase, yang juga berfungsi untuk pengatur ketinggian air kolam. Perbandingan umum yang dapat menjadi pedoman bagi Anda adalah kerangka bambu dengan ukuran 2 X 4 meter dibuat kolam terpal dengan ukuran 4 X 6 meter. Untuk membuat kolam seperti ukuran tersebut, biasanya Anda membutuhkan bambu kurang lebih 10 biji dengan panjang sekitar 7 meter.

3. Mulai membuat dinding sebagai kerangka kolam;

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat dinding untuk kerangka kolam terpal. Anda bisa mulai dengan memotong bambu dengan ukuran 2 meter dan 4 meter. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah bambu yang akan dipotong dengan jarak antar kerapatan bilah pagar bambu yang akan dibuat. Yang perlu Anda ingat, semakin rapat jarak antar bilah bambu di pagar, maka konstruksi kolam terpal juga semakin kuat.

Tips lain untuk membuat kolam terpal semakin kuat adalah dengan memilih bambu yang usianya tua dan tebal. Jenis bambu yang pas adalah petung dan ori karena ketebalan dan daya tahannya yang kuat.

4. Proses perakitan bambu;

Sebelum mulai memasang paku, sebaiknya Anda harus meraut bambu-bambu tersebut dengan halus. Jika tidak melakukan hal tersebut, kebocoran sewaktu-waktu dapat terjadi akibat dari hasil rautan bambu yang kurang halus.

Metode lain untuk merakit bambu dengan jumlah terbatas adalah merapatkan bagian bawah dan semakin merenggangkan bagian atas, menyesuaikan dengan besar tekanan air kolam.

Setelah melakukan perakitan bambu, Anda dapat merapatkannya dengan paku, kemudia mulai mengaplikasikannya di lahan yang telah Anda sediakan sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran terpal, pas, atau tidaknya. Pada umumnya, toko terpal menyediakan ukuran dan jenis terpal dengan berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan anggaran dana dan lahan Anda.

Artikel lainnya : Jual Kolam Terpal Bundar


 

Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini :

daftar harga kolam terpal prassterpal

Temukan juga kami di :

bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Incoming search : Jual Kolam Terpal Karet

No comments:

Post a Comment