Thursday, November 1, 2018

Mau Mengetahui Tips Bertani Ikan Lele Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Agar mampu mendapatkan hasil panen ikan lele sebanyak-banyaknya, anda sebaiknya mengerti lebih matang jumlah isi air dalam kolam terpal Ikan Nila. Bukan luas kolam terpal. Arah dari mengira-ngira isi atau kekuatan kolam terpal adalah untuk menghasilkan padat tebar ikan lele yang ideal.

Dari artikel ini rumus Menghitung kekuatan kolam terpal bundar yang bagus untuk anda gunakan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bundar

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda memiliki diameter 5m dan tinggi 1 meter, jadi kapasitas kolam terpal bundar anda adalah sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air dengan penuh. Untuk Mempertimbangkan berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda pakai untuk  Menghitung ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bundar.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam pembudidayaan ikan lele pada kapasitas rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level yang masih dalam kriteria tinggi atau yang sering dinamakan dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda dapat mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda bisa mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada level yang tergolong rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda menerapkan system bioflok atau natural water system (NWS) ketika budidaya ikan lele.

Contoh diatas hanya sekedar arahansaja. Saat mempraktekkannya mungkin anda akan bertemu jumlah padat tebar yang beragam pada tiap – tiap pengelola bisnis perikanan ikan lele. Tentu saja itu hal yang lumrah, karena setiap peternak ikan lele pastilah memiliki kemahiran dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain.

Nah apa sajakah sesungguhnya yang menentukan padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Simak 6 penjelasan dalam artikel dibawah ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Seperti halnya dengan manusia, ikan pun perlu cukup oksigen biar bisa hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil tentunya cukup mendapatkan oksigen di air kolam. Tetapi, ketika ikan makin tumbuh besar dan dengan jumlah yang tidak berkurang, mestinya kebutuhan oksigen untuk ikan juga semakin banyak.

Bagaimana triks atau taktik supaya keperluan oksigen pada air kolam tetap terpenuhi?

Untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam air kolam lazimnya para peternak ikan lele mensiasatinya dengan mengganti air kolam sebanyak 27-30% secara berkala. Jika ikan belum masanya panen tetapi ikan sudah tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap sama saja, itu menandakan ikan harus dipindah ke kolam yang lain.

2. Dari Unsur Lingkungan

Keadaan diseputar kolam terpal ada kalanya juga berdampak pada jumlah padat tebar ikan lele. Sebagian petani terkadang menurunkan padat tebar ikan lele saat cuaca tak sesuai seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Penyusutan padat tebar saat musim – musim ekstrim harus untuk mencegah gagal panen.

3. Metode Budidaya

Pada aplikasinya, tata cara budidaya ikan lele juga bisa mempengaruhi volume kolam lele bulat. Missal, bertani ikan lele menggunakan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih unggul dibandingkan dengan metode memelihara ikan lele lainnya. Hal ini disebabkan dikarenakan metode bertani dengan system bioflok mempunyai lebih banyak pakan alami yang bermula dari gugusan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang memercayakan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dilansir dari efishery.com padat tebar ikan lele dengan menggunakan system RAS dapat mencapai 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

perputaran air memiliki korelasi dengan pasokan oksigen dalam kolam ikan lele. Dengan sirkulasi air yang teratur, oksigen yang dikandung di air kian bertambah. Hasilnya padat tebar bisa dimaksimalkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

No comments:

Post a Comment